KKS BPNT-PKH Saldo Nol..? ini Solusi Pendamping Sosial

 2021 KKS BPNT-PKH Saldo Nol..? ini Solusi Pendamping Sosial.

Kartu Keluarga Sejahtera adalah kartu untuk keluarga miskin. Sebelumnya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini bernama Kartu Pelindung Sosial (KPS). Sebelumnya KPS bentuknya adalah tunai, sedangkan KKS sudah berbentuk nontunai,  KKS ini diterbitkan oleh beberapa bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). salah satu bank berikut: Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Kartu Keluarga Sejahtera ini digunakan untuk menerima bantuan dari pemerintah.

Untuk cara mendapakatnya, bapak ibu, oom tante harus mengikuti proses dan mekanisme verifikasi Data Terpadu KesejahteraanSosial (DKTS).

Tapi,,ada juga PKH mendapatkan KKS dan tidak masuk DTKS,,?

“Benar, dahulu Kala, Vefikasi dan Validasi PKH ada dua Sumber DTKS dan Non DTKS. Nahh,,ini pokok pembahasan kita, Saldo KKS Nol salah satu disebabkan Non DTKS kata lain tidak masuk kedalam DTKS, selain itu penyebab saldo Nol, berikut point-point nya :

1, Non DTKS Valid NIK, penyebabnya dikarenakan memang dari awal tidak masuk DTKS dan tidak pernah diverifikas updating data pada aplikasi SIKSNG biasanya kasus ini kebanyakan pada Kepesertaan PKH sedangkan untuk saldo PKH tetap ada tetapi saldo BPNT nya Nol;

Solusinya : Jika masih layak/tidak mampu berdasarkan musyawarah desa/kelurahan diinput pada aplikasi SIKSNG online dan kirim ke OP Dinas Sosial.

2, Non DTKS Invalid NIK, yang dulu nya masuk DTKS tetapi Data NIK EKTP invalid yang artinya data Kependudukan belum online, ada kesalahan pada nama, TTL tidak sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) dan KKS BPNT sehingga dkeluarkan dari DTKS, jadi daerah melalui pendamping/petugas sosial agar memperbaiki data kependudukan KPM nya.

Solusinya : Validkan terlebih dahulu data kependudukan, Jika masih layak/tidak mampu berdasarkan musyawarah desa/kelurahan diinput pada aplikasi SIKSNG dan kirim ke OP Dinas Sosial.

3, DTKS Valid, Karena nama pengurus/nama pada KKS terverifikasi di aplikasi SIKSNG oleh petugas, meninggal, pindah, tidak ditemukan, ganda sehingga dikeluarkan dari DTKS.

Solusinya : Validkan terlebih dahulu data kependudukan update KK karena status pengurus meninggal, Jika masih layak/tidak mampu dalam DTKS satu KK ada anggota keluarga lain berdasarkan musyawarah desa/kelurahan diupdate pada aplikasi SIKSNG.

4, Middle Class, ini agak berat,,middle Class artinya hasil verifikasi data di aplikasi SIKSNG oleh petugas menunjukan bahwa Kepesertaan BPNT/PKH si Polan (inisial) memiliki asset berlebih/mewah (kehidupan ekonominya) sudah Menengah Keatas, kalau berdasarkan bahasa kerennya desil 4+ (empat plus alias mampu) sedangkan dalam system data PKH (desil 1), BPNT (desil 1,2 dan 3);

Solusinya : untuk yang sudah tidak layak/mampu tidak ada solusi, kecuali petugas nya point 5. Baru di update kembali data di aplikasi SIKSNG.

5, Operator SIKS Khilaf, namanya juga manusia apalagi kalau sudah dimarahin warga karena minta bansos,  kejar target input  data, verifikasi deadline tentu mata kunang-kunan campur aduk sehingga salah entri No NIK pada KK yang fotocopy kurang jelas digit pada angkanya, sehingga data terbaca invalid, sedangkan di data kependudukan sudah valid.

Solusinya : khusus petugas sosial tetap sabar, jaga kesehatan dan stamina, prokes covid19. Dan perbaiki kembali data pada aplikasi SIKSNG.

Itu dia sebagian point utama penyebab KKS saldo nol, untuk solusi nya, hampir sama dengan penjelasan pada Artikel sebelumnya “artikel 6 tips perbaiki bst diblokir” selanjutnya selain solusi diatas, ada beberapa teknis penginputan atau perbaikan pada aplikasi SIKSNG (khusus Petugas Operator SIKSNG), seperti pada saat hanya mengganti pengurus KPM BPNT Non PKH ketika pengurus lama meninggal maka perbaikan bisa langsung di menu SIKSNG online.

Untuk Point 5. Teknisnya bisa juga perbaikan melalui SIKSNG online yang diakomodir oleh Supervisor dan Operator SIKSNG Dinas Sosial, jadi Petugas sosial bisa melaporkannya dengan mrekap data ataupun mengirimkan fotocopy KK.

Updating data hasil verifikasi maupun usulan baru DTKS di Aplikasi SIKSNG online, itu tergantung jadwal dari Pusdatin Kesos Kementerian Sosial RI.

Hasil Perbaikan dan Validasi data-data tersebut yang valid dan lolos finalisasi sesuai jadwal Pusdatin Kesos. selanjutnya Mensos Menetapkan, proses burekol untuk KKS baru, dan Penyerahan nama-nama calon KPM BPNT-PKH ke pihak Himbara. Setelah proses himbara barulah proses distribusi KKS baru yang sudah ada KKS dan valid saldo nol akan berisi saldonya. (sori)



 
Official
Official Publikasi

Posting Komentar